Operasional Prosedur Waitress

Februari 17, 2010 at 4:43 am (Tugas)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Perkembangan dunia pariwisata saat ini menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan tersebut tentunya banyak faktor yang mendukungnya, diantaranya ditunjukan oleh sarana dan prasarana yang memadai guna membantu perkembangan yang ada, pariwisata Indonesia berkembang tentu memerlukan sumber daya manusiayang handal, karena pada dasarnya faktor tersebut sangat berperan didalam mengembangkan usaha pariwisata yang ada.

Usaha-usaha pariwisata yang bergerak didalam bidang jasa Indonesia banyak sekali ragamnya, diantaranya: Hotel, Trevel Agent, Rumah Sakit, Bengkel, Restaurant, salon dan lain-lain. Usaha ini perlu pengelolaan yang maksimal sehingga akhirnya dapat menghasilkan sumber daya devisa yang dapat membantu lembahnya perekonomian negara kita saat ini.

Meningkatnya dunia usaha periwisata di Indonesia khususnya usaha perhotelan, hal ini membawa keberuntungan kepada peningkatan perekonomian yang ada, karena didalamnya menampung banyak sumber daya manusia yag pada hakikatnya mengurangi pengangguran yang ada.

Usaha perhotelan didalamnya terdiri dari beberapa departemen yaitu, diantaranya: Front Office, Food and Beverage, Accounting, Engineering, dan lain-lain.

Untuk itu penulis akan menyampaikan topik laporan dengan judul “Standar Operasional Prosedur Waitress di Hotel Pesona Bamboe”

1.2 Rumusan masalah

Dalam menyusun laporan penulis perlu mengidentifikasi masalah agar keluar tidak dari jalur permasalah yang akan dibahas. Idetifiksi dari permasalahan adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana gambaran umum hotel menurut para ahli?
  2. Bagaimana gambaran umum hotel Pesona Bamboe?
  3. Bagaimana Standar Operasional Proseduer waitrees dihotel Pesona Bamboe dan perasalahan?
  4. Bagaimana penangan masalah yang dihadapi wairees di hotel Pesona Bamboe?

1.3 Maksud dan Tujuan

1.3.1 Maksud

  1. Penulis ingin mengetahui bagaimana gambaran umum hotel menurut para ahli.
  2. Penulis ingin mengetahui bagaimana gambaran hotel Pesona Bamboe.
  3. Penulis ingin mengetahui bagaimana Standar Operasional Prosedur waitress di hotel Pesoa Bamboe.
  4. Penulis ingin mengetahui bagaimana penanganan masalah yang dihadapi waitress di hotel Pesona Bamboe.

1.3.2 Tujuan

  1. Sebagai salah satu syarat mengikui Ujian Nasional dan menyelesaikan study pendidikan di SMK Bina Wisata.
  2. Menerapkan semua teori dan praktek yang dihadapi disekolah dengan kegiatan secara nyata di hotel.
  3. Menambah pengetahuan dan pengalaman.

1.4 Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian untuk mengolah data yang diperoleh, penulis menggunakan metode Deskriptip untuk mendapatkan gambaran tentang situasi dan kondisi yang ada pada pengumpulan datanya. Penulis menggunakan beberapa teknik sebagai berikut:

1.4.1 Observasi

Waktu penulis melakukan terjun langsung dengan cara Praktek Kerja Lapangan di Food and Beverage Service selama kurang lebih 3 bulan sebagai waitress Room Service di Hotel Pesona Bamboe, dan 3 bulan kemudian di tempatkan di House kepping sebagai Room Maid.

1.4.2 Interview

Penulis mengadakan wawancara langsung dengan karyawan hotel terutama bagian Coffe Shop.

1.4.3 Study Literatur

Yaitu penulis membaca dan mencari langsung dari internet yang berhubungan dengan masalah perhotelan, khususnya masalah Food Beverage.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: